Jumat, 14 September 2012

Kemerdekaan sebagai Titik Balik Penegakkan Pancasila


Sudah 67 tahun yang lalu sejak Soekarno membacakan proklamasi di depan rakyat Indonesia, pancasila tetap menjadi pedoman utama dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia. Hal ini tidak bisa dilepaskan dalam benak masyarakat Indonesia karena Pancasila telah menjadi salah satu faktor utama terciptanya kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan yang dapat kita rasakan dengan seutuhnya, tanpa ada rasa takut akan ancungan senjata dari para penjajah di masa lampau.

Proklamasi kemerdekaan merupakan titik dimana perjuangan Indonesia telah mencapai titik jenuh yang paling tinggi . Dimana jiwa-jiwa masyaraka Indonesia pada masa itu telah bosan dengan adanya kolonialisme. Mereka ingin cepat-cepat lepas dari belenggu penjajahan. Pancasila sebagai prinsip utama telah mendasari semangat, menjiwai dan menyemangati perjuangan bangsa Indonesia. Sehingga pada akhirnya kita dapat merasakan kemerdekaan utuh, bukan karena diberi, tapi mendapatkannya dengan semangat jiwa yang tinggi.

Pancasila juga mendapatkan derajat yang lebih tinggi setelah proklamasi, setelah sebelumnya nilai-nilai pancasila dilecehkan dan kurang dihormati. Hal ini dapat terlihat dari kurangnya persatuan rakyat Indonesia pada masa itu. Beberapa golongan malah lebih mementingkan kelompoknya sendiri dan berbalik menyerang Indonesia seperti Musso, si pemimpin PKI. Tapi, setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasi, rakyat Indonesia bersatu untuk mendapatkan kemerdekaan yang sutuhnya, dalam kalimat berarti tidak lagi adanya penjajahan di bumi Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang lain juga semakin marak diterapkan seperti semakin marak dilakukannya musyawarah pada masa penjajahan berdasarkan sila ke-empat.

Implementasi dari nilai-nilai pancasila ini bisa dilakukan dengan mengoherenkan/memadukan nilai-nilai pancasila satu dengan yang lain. Sila-sila yang terdapat dalam pancasila merupakan filosofi Negara yang bermakna luas yang perlu diterapkan dalam kepesifikan kehidupan sehari-hari. Kespesifikan ini juga bisa dilihat dari penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbudaya masyarakat Indonesia.

Bhineka Tungga Ika adalah salah satu implementasi dari Nilai nilai Pancasila.Semboyan ini bermakna Berbeda-beda tapi tetap satu. Lalu, apa hubungan ini dengan kemerdekaan Indonesia ? Seperti yang telah saya jelaskan di atas, kemerdekaan Indonesia merupakan titik dimana Pancasila dijunjung tingi. Saat dimana rakyat Indonesia bisa mengekspresikan diri dengan bebas tapi tetap berpedoman kepada Pancasila. Semboyan ini lebih terlihat penerapannya setelah kemerdekaan. Oleh sebab itu Kemerdekaan ( proklamasi ) bertindak sebagai portal penjujungan Pancasila yang lebih tinggi

Indonesia seharusnya bangga akan kehadiran pancasila dalam saat-saat genting Proklamasi Indonsesia, Pancasila juga hanya ada di Indonesia yang lahir dari pemikiran  jenius para pemimpin di masa lampau. Jadi dapat disimpulkan, hanya dengan memahami dan mengamalkan Pancasila, Indonesia juga mampu memahami makna Kemerdekaan sepenuhnya.

Oleh Muhammad Ziyad Al Fajar
SMAN Sumatera Selatan Sampoerna Academy

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar