Minggu, 26 Agustus 2012

Walk-walk ( Lagi )

Gue iri sama temen-temen gue, tiap minggu mereka bisa pergi dari asrama. Poin kamar gure selalu gak nyampe standarnya. Perlu diketahui, sekarang gue tinggal di asrama yang klo mau keluar area asrama atau untuk menghirup udara sesak knalpot motor tukang ojek aja harus memenuhi standar kebersihan. Standarnya 47. 47 man..!!. Dari 100. Kalo standar maximum  100, emang kamar gue yang  kotor dan bau kebo kalo gak bisa nyampe 47. Sebenarnya standar maximumnya 56. Tiap hari ada 8 poin. Biasanya kamar gue dapet poin 7,6,7,6,4. Pernah sekali kamar gue dapet poin 0. Emang dasar kamar kebo, mau diapain juga masih kebo.

Minggu ini tepatnya pada tanggal 27 November 2011 adalah hari kemerdekaan bagi gue. “ Merdeka…uhuk, uhuk !!” gue teriak meskipun suara gue udah abis dipake buat ngepel kamar mandi. Emang bisa ? Kayaknya sih. Bingung mau pergi kemana. Setelah satu jam konsultasi ama dukun beranak akhirnya gue mutusin bakal pergi ke mall sama temen-temen gue ( temennya dipaksa ikut ).  Kita mutusin bakal pergi setelah makan siang.

@@@

Sambil nungguin makan siang udah disiapin, gue buka internet. Padahal internet itu aja kagak tau. Yang gue tau Internet itu sarana buat nyari gambar , terus untuk nyari tugas bahasa Indonesia ( sekedar nyari informasi ). Gue sering ngebrowse di internet , ngelihatin orang semangat banget untuk ngeblog. Gue bilang ama temen gue yang lagi asyik-asyiknya ngeblog, “ Hei, loe norak banget. Jaman sekarang masih ngeblog.”.Sorenya, gue cobain.

Akhirnya, cateringnya datang. Hatiku menyambut senang kedatangannya. Aku  melewati lorong-lorong berlantai marmer kuning ketai-an. Tapak demi tapak kulewati hingga aku berhadapan dengan raksasa berseragam biru ( petugas catering ). Back to normal. Gue, lihatin satu persatu lauk yang disediakan. Masti’in kalo nggak ada lalat berenang di kuah sayur kecambah. Setelah gue ambil seperangkat makanan, gue bawa ke meja makan baru tapi reot.

Tiba-tiba satu temen gue berkicau,”Gue kenyang, makan ah”

Gile, bilangnya kenyang tapi mau makan. Kenyang ama makan itu memang suatu yang berhubungan segaris keluarga. Tapi, selama gue belajar ilmu astronomi, makan itu memang nyebabin kenyang. Tapi, kalo kenyang nyebabin makan itu pasti guru astronominya para politisi, yang kenyang gak kenyang masih makan.

Temen gue satu lagi nggak mau kalah,”Ah, gue capek, main bola yuk.

Yang ini tambah gile, kalo lagi capek  ngelakuin olahraga, adanya dapet ayan, eh penyakit kuning. Memang dunia udah edan contohnya kucing aja anaknya 4 ( nggak ada yang salah tuh )dan Tanaman tumbunya ke atas ( apa yang salah nih ?).

Selesai makan, gue naruh piring gue di tempat sampah. Trus, pegawainya negur gue,”Dek, loe punya otak nggak ? Bisa nggak bedain tempat sampah ama tempat piring kotor ?”

“Bisa pak, tapi gue masih bingung kalo lihat bapak, gue selalu mikir “ini monyet apa manusia”.

“Gue gampar loe”

Gue ngacir ke kamar.

Setelah mandi dan beres-beres kamar, gue siap mau pergi.

@@@

Keluar dari asrama, “Plong”, gue merasa be*as. Kami perginya betujuh. Hari ini panas banget. Kayak ada yang bakar –bakar di sekitar kami. Pas noleh ke kanan, ada orang lagi bakar ikan.

Kami pergi naik angkot. Di dalemnya, gile sumpek banget. Mana ada anak balita nangis di depan gue gak berhenti. Kakaknya malah ngatain tuyul. Sekitar setengah jam  bersumpek-sumpek dalam angkot, akhirnya kami nyampe di tempat pemberhentian ( iya lah masa’ tempat perbolehjalanan).

Gue ama tiga temen gue nyelonong langsung mau nyebrang jalan. Eh gak tau kenapa temen yang laen pada kagak jalan. Pas noleh ke belakang, temen gue lagi nyetopi becak. Gue kira mereka mau naik becak,eh gak taunya dompet temen gue dicolong. Dasar maling sialan. Gue langsung  balik lagi ke tempat temen gue. Baru setengah jalan, si maling ngasih dompetnya ke temen gue.

“He..he..malingnya takut ama gue, mentang muka gue kayak ikan dipepes,”ujar gue bangga. Setelah diselidiki, ternyata malingnya ngasih dompetnya karena jumlah kami lebih banyak. Gue nunduk malu.

Kami ngelanjutin perjalanan dengan naik angkot jurusan Pakjo.

@@@

Sesampainya di mall, kami langsung ke tempat favorit, Gramedia. Di dalamnya gue celingak-celinguk nyari buku bagus. Pertama,gue ke tempat buku terbaru. Berharap edisi naruto terbaru udah keluar. Apes, gue pikir udah hampir 3 bulan, tapi yang barunya kagak keluar-keluar. Gue nangis minta buku Naruto,”Ya Allah, berikanlah hambamu ini kesempatam untuk membaca naruto”

“Amin,”sambut orang se-Gramedia.

Setelah sekitar 45 menit berada dalam Gramedia, kamin mutusin untuk keluar. Gue dengan gaya sok keren berjalan keluar Gramedia tanpa memegang kantong plastik khasnya. Ini bukan karena gue kagak punya duit, gue belom dapet buku yang pas ( Bilang aja bokek ).

Selanjutnya kami berencana untuk ngelibas rambut di salon lantai 3 mall. Pas nyampe sana, si penjaga dengan lipstik menor kayak banteng lagi boker bilang lagi penuh.

“Adek, anak sekolahan ya, ganteng banget, mau pangkas ?”

“Iya, mba’”

“Lagi penuh dek, mau nunggu?”

“Tuh ada kosong mba’”

“Mana ?”

“Tuh, WC belakang”

“Loe mau cukur apa boker”

“Dua-duanya, pasti keren tuh”

“Dasar gila, pergi, pergi..!!”

Dasar orang-orang jaman sekarang. Dikasih duit, kagak mau, malah diusir kasar-kasar. Dasar salon sok kekayaan. Kami serentak meninggalkan salon itu.

@@@

“Pulang aja yuk,”usul salah satu gue yang bernama Nasier

“Iya, pulang aja sekarang, mungkin di tengah jalan nanti, kita nemuin pangkas rambut,”sambut Ocky, temen gue yang keren kayak Michael Jackson dipermak 5 jam.

Gue langsung mikir, apa di tengah jalan ada pangkas rambut. Setahu gue, ditengah jalan itu ada mobil, motor, ojek, becak, tronton, dan kadang manusia is dead. Terus, nggak ada orang yang mau bangun pangkas rambut di tengah jalan, ada mungkin ketumbur mobil tronton. Oh iya, mungkin pangkas rambutnya ada di dalam mobil. Semacam pangkas rambut portable. Boleh juga tuh usul Ocky

Kami setuju untuk pulang.

@@@

Gue bingung dari tadi, celingak-celinguk kiri-kanan nggak pernah lihat ada pangkas rambut di tengah jalan. Gue nyimpen hasrat gue untuk bertanya.  Ntar, malah dikatai gila.

Tak perlu lama di dalam mobil yang sopirnya kayak charater di game NFS. Mata besar, hidung mancung kedalem, gigi tonggos, pokoknya semacam Gollum di film The Lord Of The rings.  Akhirnya, kami sampai di tepi sungai Musi. Langsung kami mencari tempat pangkas rambut.

Setelah sekitar 1 menit mencari ( cepet banget, emang udah tau tempatnya ), kami langsung duduk di kursi pelataran dari kayu yang sudah peyot dimakan rayap jenis anopheles.  Bunyi alat-alatnya “ ckrek-ckrek “ kayak sapi lagi makan roti.

Ada satu hal yang  buat gue bingung. Ada kakek-kakek yang jelas-jelas kagak punya rambut lagi dateng ke tempat pangkas itu. Pikir coba, apa yang mau dipotong. Kalo salah kakek-kakek itu bisa hilang kulit kepalanya yang kalo dihargain masih mahal kerang sekilo.

Iseng-iseng, gue ambil fotony. Sebenarnya, gue ambi foto ini diam-diam. Mati gue kalo ketahuan. Kalo gue minta langsung, nanti dikira untuk kover majalah hewan bulanan. Aduh, terpaksa ambilny pakai cara paparazzi lagi makan sayur kecambah.

Selesai  pangkas rambut, misi selanjutnya goes to beli kolor. Mengingat gue lagi berada dalam krisis kolor di asrama yang mana gue cuma punya 3biji , kayaknya gue harus nambah kolor. Berbekal uang pinjaman dari Nasier, gue memberanikan diri membeli kolor dideket tempat pangkas rambut. Terjadilah percakapan seperti ini :

Gue : Ini, kolornya berapa bu’ ?

Tukang kolor : 25 rebu dek

Gue : Mahal banget, gimana kalo 10 rebu

Tukang kolor : 20 aja dek, ibu Cuma ambil untung sedikit

Gue : 10 rebu lah bu, udah sore nih

Tukang kolor : 15  rebu lah dek

Gue : 10 rebu aja bu

Tukang kolor : 14 rebu lah, seribu buat ongkos pulang

Gue : 13 lah bu, gue kasih bonus tanda tangan

Tukang kolor : Kalo tanda tangan, ibu juga punya

Gue : jadi deal-nya berapa ?

Tukang kolor : 17 rebu

Gue : Setuju..!!

Lalu, gue kasih uangnya ke ibu tadi. Kayaknya ada suatu hal yang ganjil ya. Kok gue baya r 17 rebu. Mungkin itu hanya Imajinasi gue aja.

Badan gue udah capek, temen-temen gue juga capek, tukang becak capek, tukang lontong capek. Saatnya gue pulang ke asrama. Meghirup bau bangkai lagi tiap malam.

“Selamat kembali Ziyad yang gila dan temen-temennya yang juga gila,”Pak Satpam menyambut sok akrab.




0 komentar:

Posting Komentar